• Maret 22, 2024

Sepatu KW Impor Vietnam Obrak-Abrik Pasar

Sepatu-sepatu bermerek berlabel \\’Made in\\’ Vietnam banyak dijual di pinggir-pinggir jalan di Depok sampai Jakarta dengan harga Rp100-150 ribu. Tentu saja, harga semurah itu dengan label produk bermerek, sepatu Vietnam itu dipastikan barang KW.

Sepatu-sepatu KW impor Vietnam ini dijajakan di tepi jalan Depok. Selain itu, di salah satu sudut jalan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, produk serupa juga dapat ditemukan.

Di Pasar Tanah Abang, Jakarta Sentra, eksistensi sepatu sport buatan Vietnam ini juga telah marak di sana. Pedagang menjajakan sepatu ini Rp120-150 ribu per pasang.

Fenomena sepatu impor Vietnam ini mengingatkan \\’demam\\’ sepatu China yang sempat marak sebagian tahun lalu. Kini, sepatu Vietnam yang mulai merajalela masuk pasar.

Harijanto, Ketua Dewan Pembina spaceman Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo), membetuli soal serbuan sepatu made in Vietnam ini. Ia bilang maraknya sepatu made in Vietnam telah terjadi setahun terakhir.

\\”Masuk ke Indonesia baru, namun di Vietnam telah lama KW 1 persis, jikalau sepintas sama dengan yang asli,\\” katanya

Serbuan sepatu sport impor asal Vietnam tidak cuma menyasar pasar offline di tepi-tepi jalan namun juga masuk di kios-kios online. Beberapa kios daring tipe Shopee, Bukalapak, Tokopedia, OLX dan lainnya memasarkan sepatu impor berlabel made in Vietnam.

Penelusuran CNBC Indonesia, di Shopee umpamanya, salah satu penjual dari Jakarta Barat memasang promo \\”COD sepatu basket nike jordan impor vietnam\\”. Harga yang ditawarkan cuma Rp177 ribu.

Pedagang lain dari Tangerang, memasang promo \\”Sepatu Pria Adidas Dame 4 Impor Vietnam Men Shoes Sneakers olahraga basket\\” seharga Rp297 ribu.

Di Bukalapak, salah satu pelapak membanderol sepatu impor Vietnam seharga Rp165 ribu. \\”Sepatu Sneakers Adidas Zoom Made Vietnam Sport Running Casual\\”.

Pelapak lainnya memasarkan sepatu merek New Balance Rp166.300, dengan tagline \\”Sepatu New Balance 1500 Made in Vietnam\\”. Dalam penjelasannya, pihak pedagang mengklaim bahwa produk sepatu Vietnam hal yang demikian telah grade quality.

Di Tokopedia umpamanya, ada penjualan mempromosikan \\”Sepatu bola/Bola adidas ACE/ Made in vietnam/bola adidas murah\\” sepatu Vietnam ini dibanderol cuma Rp110 ribu.

Bagi industri sepatu lokal, kondisi ini memang mengkhawatirkan. Ketua Dewan Pembina Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) Harijanto mengaku sepatu-sepatu Vietnam yang masuk Indonesia merupakan barang KW 1 yang kondisi fisiknya mirip dengan produk aslinya.