• Desember 3, 2023
sepatu untuk sekolah anak

Merk Sepatu Sekolah yang Bagus Menjelang Awal Semester Tahun Depan

Saat anak kembali bersekolah, sepatu menjadi barang penting yang wajib disiapkan. Banyak sekolah mewajibkan siswanya untuk memakai sepatu sekolah hitam. Namun kini, tak sedikit sekolah yang membolehkan siswanya memakai sepatu sekolah hitam putih bahkan warna lain.

Cara memilih sepatu sekolah

Agar anak mendapatkan sepatu sekolah yang sesuai, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut ini beberapa tips memilih sepatu sekolah yang bisa Anda aplikasikan saat hendak membelinya.

Pilih sepatu sekolah hitam polos atau hitam putih sesuai aturan sekolah

Pilih sepatu sekolah hitam polos atau hitam putih sesuai aturan sekolah Sebelum memutuskan untuk membeli sepatu sekolah, pastikan Anda sudah mengetahui aturan sekolah dalam hal pemakaian sepatu. Biasanya yang dianjurkan oleh sekolah adalah sepatu berwarna hitam polos tanpa aksen dan sepatu hitam bertali

Ada banyak sekolah yang mengharuskan sepatu benar-benar berwarna hitam secara keseluruhan. Namun, ada pula yang mengizinkan sepatu dengan kombinasi warna putih.

Selain itu, ada juga sekolah yang membebaskan siswanya memakai sepatu dengan warna selain hitam pada hari tertentu. Sebagai contoh, siswa boleh memakai sepatu sekolah warna putih pada hari Jumat.

Namun, Anda tidak perlu bingung dengan aturan yang berbeda-beda tersebut. Saat ini terdapat banyak sekali sepatu sekolah keren yang dapat Anda pilih. Jadi, anak tetap bisa tampil trendi tanpa harus melanggar aturan sekolah.

Pastikan memilih sepatu sekolah yang nyaman, sol empuk, antiselip, tidak gerah, dan mudah dibersihkan

Pastikan memilih sepatu sekolah yang nyaman, sol empuk, antiselip, tidak gerah, dan mudah dibersihkan

Selain warna, hal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam memilih sepatu adalah model dan bahannya. Model dan bahan yang dipilih akan memengaruhi kenyamanan anak saat memakainya.

Jika Anda mencari sepatu sekolah yang bisa sekaligus dipakai untuk olahraga, pilihlah yang solnya empuk dan upper-nya dari mesh. Bahan dari mesh dikenal breathable dan bersirkulasi udara baik sehingga tidak gerah saat dipakai. Pastikan juga sepatu yang Anda pilih memiliki outsole antiselip agar tidak licin ketika melakukan gerakan tertentu saat berolahraga.

Namun, jika Anda memerlukan sepatu sekolah yang nyaman dipakai sehari-hari, sepatu berbahan kanvas dan kulit sintetis bisa dipertimbangkan. Sepatu kanvas memiliki bobot yang ringan, lentur, dan mudah dibersihkan. Sementara itu, sepatu kulit sintetis teksturnya lebih mengilap dan kaku, tetapi membuat Anda terlihat classy ketika memakainya.

Untuk anak TK atau SD kelas 1, pilihkan model sepatu sekolah velcro yang mudah digunakan

Bagi Anda yang mencari sepatu sekolah TK atau untuk anak usia SD kelas 1, pastikan modelnya mudah digunakan. Alasannya, tidak semua anak di usia tersebut sudah bisa memakai sepatu sendiri, apalagi jika Anda memberikan sepatu tali. Biasanya, anak-anak yang baru pertama kali sekolah masih kesulitan mengikat tali sepatu yang benar.

Untuk lebih jelasnya, berikut desain sepatu sekolah yang kami sarankan untuk dipakai anak TK atau SD kelas 1:

  • Menggunakan penutup model velcro agar praktis saat dipakai.
  • Ukurannya tidak terlalu pas agar sepatu nyaman dipakai bersama kaus kaki.
  • Untuk anak TK, Anda bisa memilih produk yang modelnya lucu dan tidak terlalu kaku. Hal itu karena biasanya sekolah masih membebaskan aturan pemakaian sepatu bagi anak TK.
  • Berwarna cerah untuk menambah semangat anak pergi ke sekolah.

Untuk anak SD yang lebih besar, SMP, atau SMA, pertimbangkan sneakers bertali, slip-on, atau pantofel sekolah

Untuk anak SD yang lebih besar, SMP, atau SMA, pertimbangkan sneakers bertali, slip-on, atau pantofel sekolah

Berbeda dengan TK, Anda bisa mempertimbangkan sneakers bertali, slip-on, atau pantofel sebagai sepatu sekolah SMP dan SMA. Model ini juga cocok dijadikan sebagai sepatu sekolah SD kelas 2 ke atas. Berikut penjelasan singkat mengenai model sepatu tali, slip-on, dan pantofel agar Anda bisa memilih sepatu sekolah yang tepat.

  • Model tali

Sepatu sekolah yang paling populer adalah sepatu sekolah bertali. Beberapa sekolah memiliki aturan untuk menggunakan sepatu model ini agar terlihat seragam. Dengan memakai sepatu bertali, anak bisa mengatur lebar atau sempitnya sesuai dengan kenyamanan. Sepatu ini juga akan melekat erat di kaki dan tidak mudah lepas meski digunakan berlari.

Namun, jika anak Anda belum menguasai teknik mengikat tali sepatu, hindarilah sepatu model ini. Jika di sekolah tali sepatu terlepas, anak akan kesulitan mengikatnya kembali. Tali sepatu yang terlepas bisa saja terinjak dan membuat anak jadi tersandung.

  • Model slip-on

Model sepatu slip-on juga bisa menjadi pilihan untuk sepatu sekolah. Model sepatu ini sangat simpel dan mudah dikenakan serta cocok untuk anak yang tidak mau ribet. Anak bisa memakai atau melepas sepatunya dengan cepat. Selain sebagai sepatu sekolah, modelnya yang cukup trendi juga bisa dipakai untuk acara santai di luar sekolah, lho!

  • Model pantofel

Sepatu pantofel merupakan jenis sepatu bermodel formal sehingga sering digunakan untuk berbagai kepentingan yang bersifat resmi. Sepatu pantofel biasanya dipakai anak sekolah dalam kondisi tertentu, misalnya saat menjadi pengibar bendera dalam upacara rutin hari Senin.

Baca Juga : Rekomendasi Sepatu New Balance Pria Terkeren yang Wajib Dimiliki

Selain itu, beberapa SMK juga ada yang mewajibkan siswanya memakai sepatu pantofel saat sekolah. Aturan tersebut biasanya diberikan untuk melatih siswanya terbiasa tampil rapi sebelum memasuki dunia kerja.

Cek juga merek sepatu sekolah kekinian, seperti Ventela, Converse, dan Leedoo yang keren untuk anak SMA

Ada banyak merek sepatu sekolah yang bagus untuk Anda pertimbangkan saat mencari sepatu terbaik. Namun dari banyaknya merek, sepatu sekolah dari brand berikut bisa Anda utamakan karena kualitasnya tak perlu diragukan lagi.

  • Ventela

Brand lokal yang satu ini sudah sangat dikenal masyarakat karena menawarkan sepatu berkualitas premium. Sepatu sekolah dari Ventela juga terbilang kuat dan tidak gampang rusak saat dipakai berjalan hingga berlari. Jika Anda mencari sepatu yang cocok untuk anak yang aktif, sepatu Ventela adalah pilihan terbaik.

  • Converse

Merek Converse rasanya sudah sangat tak asing di telinga masyarakat Indonesia. Banyak anak sekolah mencari sepatu dari Converse untuk menemani hari-hari mereka di sekolah. Tak heran bila sepatu ini banyak dipilih siswa karena modelnya yang keren dan memenuhi ketentuan dari sekolah. Desainnya juga simpel dan pastinya nyaman digunakan saat beraktivitas.

  • Aerostreet

Sepatu merek Aerostreet cukup populer di Tanah Air karena menghadirkan produk yang murah meriah. Bahkan, sepatu dengan harga 300 ribuan saja sudah memiliki kualitas yang sangat baik. Sepatu merek ini dikenal durable dan tak mudah jebol setelah dicuci atau kehujanan. Bahannya juga nyaman di kaki karena memadukan kulit sintetis dan kain mesh berpori. Jadi, sepatu tidak akan panas meski dipakai seharian.