• Maret 30, 2023

Tips Menghilangkan Bau Sepatu yang Sulit Hilang

Jadi apakah kamu memiliki masalah sepatu bau? Jika iya, tenang saja, ini hal yang normal. Meski demikian, kamu tidak bisa mendiamkan terus bau di sepatu kamu itu. Atau mungkin kamu sudah mencoba berbagai cara namun tetap sulit untuk menghilangkannya? Nah, berikut ini slot server kamboja kami akan menunjukkan bagaimana cara untuk menghilangkan bau sepatu. Mungkin kamu bisa mencoba beberapa cara di antaranya!

Cara Menghilangkan Bau Sepatu

1. Dibekukan

Ya, kegunaan freezer ternyata tidak hanya terbatas pada menjaga kualitas daging atau es krim agar tidak meleleh, kamu pun bisa menggunakannya untuk menghilangkan sepatu yang bau. Bagaimana caranya? Kamu bisa masukkan sepatu ke dalam kantong plastik lalu bekukan semalaman. Bakteri akan berkembang biak di tempat yang hangat dan gelap, jadi udara dingin akan membunuh bakteri dan menghentikan bau menjadi semakin parah.

2. Cuci

Tidak semua sepatu dapat dicuci dengan mesin, jadi kamu harusmembaca petunjuk perawatan dan pembersihan. Kalau sepatu memiliki sol yang dalam, maka keluarkan dan cuci secara terpisah untuk membuat semua bagiannya tercucui bersih. Tidak apa-apa mencuci sepatu dengan menggunakan detergen biasa.

Jangan gunakan air panas atau memasukkan sepatu ke dalam pengering. Panas yang ekstrim bisa membuat sepatu menjadi menyusut dan menyebabkan terjadinya kerusakan di sepatu kamu. Keringkanlah dengan menggunakan angin atau koran yang bisa dipakai untuk menyerap kelembapan ekstra.

3. Isi dengan Pasir Kucing

Bakteri suka dengan lingkungan yang gelap dan lembab, jadi saat kaki berkeringan di sepatu, bakteri ini akan berkembang biak. Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan mengisi sepatu menggunakan pasir kucing. Ini akan membantu mengeluarkan kelembapan dan menetralkan baunya (tergantung pada jenis pasir yang digunakan). Ingat untuk mengosongkannya setelah beberapa jam, karena jika tidak mungkin kucing kamu tertarik untuk membuang kotorannya di sana.

4. Jemur

Apakah kamu pernah membuka jendela untuk menghirup udara yang segar? Nah, lakukan hal yang sama kepada sepatu kamu. Ini bisa membuat sepatu mendapatkan sinar UV dari matahari dan membantunya untuk membunuh bakteri. Selain itu ini juga bisa memberikan hembusan angin juga ke sepatu kamu. Untuk kamu yang menggunakan sepatu yang sama setiap hari, kami menyarankan untuk membeli sepatu yang lain agar bisa memberikannya ‘nafas’ dalam beberapa kali seminggu.

5. Rawat dengan Baik

Kalau sepatu kamu tidak bisa dicuci dengan mesin, maka coba gunakan semprotan penghilang bau. Cukup dengan mencampurkan ½ cangkir air dan ½ cangkir cuka putih ke dalam botol semprot, lalu kocok denganbaik. Oleskan pada beberapa bagian di sepatu, setelah itu bersihkan bagian dalam sepatu dengan handuk kain. Biarkan mengering sebelum kamu kembali menggunakannya.

6. Ganti Sebagian Sepatu

Kalau sepatu kamu masih berbau, maka masalah dari sepatu mungkin adalah sol sepatu. Masuk akal, karena itu adalah tempat paling sering terkena keringat jika digunakan setiap harinya. Untuk itu, coba ganti sol sepatu setidaknya setahun sekali. Sol sepatu merupakan komponen sepatu yang cukup murah, jadi tidak ada salahnya untuk menggantinya.

7. Keringkan dengan Baik

Lain kali jika kamu terjebak di dalam hujan dan membuat sepatu basah, ada baiknya untuk mengeringkan sepatu dengan baik sebelum kembali menggunakannya. Karena jika didiamkan, nanti kelembapan yang ada di sepatu akan berubah menjadi jamur yang bau. Saat basah, coba lepas sepatu dan isi dengan handuk kering atau koran untuk membuat proses pengeringan menjadi lebih cepat.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menghilangkan bau sepatu yang mengganggu.